LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
142
Literasi Numerasi
103
Literasi Sains
117
Literasi Sosial Budaya
124
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131264720012
NPSN : 69994645
Nama Madrasah : MAS MA'ARIF NU 1 SAMARINDA
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 42
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Terampil

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 550-800 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menjelaskan penerapan pengetahuan ilmiah bagi masyarakat; mendeskripsikan dan mengevaluasi cara yang digunakan ilmuwan untuk memastikan keajegan dan objektivitas data serta simpulan; dan mengevaluasi argumen ilmiah dan bukti dari sumber yang berbeda tentang pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memfasilitasi peserta didik dalam upaya Peserta didik perlu pembiasaan diri mengamalkan karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0063101829 ALIFFA ASHSYIFA SYAHRANY Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0081243951 ABDUL MANNAN DAENG GASSING Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0074329376 NUR SHOFI APRILLIANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0076291313 NUR ROHANIYAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0068758448 ANANDA NUR SHOLEHAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0055577861 FERRY SYAHRUDDIN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0076900932 MUHAMMAD SURYA AKBAR Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0066387016 OKTAVIA RAMADANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Dasar (CK 6)
3070528483 ALFATIH FAJAR HIDAYAT Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0066909664 MUHAMMAD IMAM NADZIRIN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0075377430 MUHAMMAD QEHSA AL-RASYID Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0075582809 NUR ANNISA FITRIANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0088893434 TRY ANUGRAH IMRAN Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0046654319 LUSY DWI WULANDARI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0068689897 GILANG SATRIA ILHAMI Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0072366506 KEVIN FEBRIAN SETIAWAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0064894704 RIZKY OKTAVIANUR FITRA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079254396 ZAHWA SALSYABILA Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077137637 FITRIYANI Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079564775 AISYA PUTRI ZULKIFLI Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0062418142 VINA AUYA MECKA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3072485817 PUTRI NURHIKMAH AKBAR Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0071969627 EKO FADILLA PUTRA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061060372 RARAS SEKAR SAFITRI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0076725793 MUHAMMAD RIZKI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0072606972 MUHAMAD ARBANGI MIFTAHUDIN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077349831 FIINAA QURROTU'AINI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0058093171 NURWANA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0062125909 MUHAMMAD DZAKY SAPUTRA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0076301091 MUHAMMAD IMAM HANAFI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0077657810 MUHAMMAD WAHIDURRAHMAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0077109787 NUR KHAIRIYAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078015627 UMI NUR AWALIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0076633860 INDHA RAMADHANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0072396018 UMAROH ANI DINIATI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0071615779 MUHAMMAD KAIYIS ABDURROZAQ Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Dasar (CK 6)
0072765035 KHAIRUL RIZKY FEBRIANSYAH Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3070138127 AMANDA NUR RAHMAWATI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0072280633 RIANA BUNGA CINTA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073408546 ASSANNI NUR SAJIDAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0073559318 AZHELIN AULIA YASMIN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0079991192 ANINDYA RAFA AULIA Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)