LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
143
Literasi Numerasi
103
Literasi Sains
117
Literasi Sosial Budaya
128
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131263080003
NPSN : 30315563
Nama Madrasah : MAS ASY SYAFI IYAH
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 45
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Terampil

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 550-800 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menjelaskan penerapan pengetahuan ilmiah bagi masyarakat; mendeskripsikan dan mengevaluasi cara yang digunakan ilmuwan untuk memastikan keajegan dan objektivitas data serta simpulan; dan mengevaluasi argumen ilmiah dan bukti dari sumber yang berbeda tentang pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memfasilitasi peserta didik dalam upaya Peserta didik perlu pembiasaan diri mengamalkan karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0087260351 FATIMATUZZAHRA Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0064449605 MUHAMMAD ALDI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0066716835 NUR AINI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073149365 PUTRI RAUDATUL JANNAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0076251932 SA'ADAH Perlu Ruang Kreasi (CK 9) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0138375988 MUHAMMAD IRWAN Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0033155921 AGGNIA APDALIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0057096935 IVAN SAPUTRA DEWA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073958517 LUFIA HAMIDAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0076031641 NAHDIATI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079163479 FITRI PEBRIANTI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0079297428 AISYAH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073288951 NUVIA AMELIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Dasar (CK 6)
0069417865 MUHAMMAD RAFINO Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0047836603 MURSALIN Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073012715 M. SYAMSUDIN - - - -
0067440503 NOVI IRIYANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0056479763 MUHAMMAD IKHSAN RAHMATILLAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0083072686 NIDA MUNIRAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0066203499 NOR AZARIA HAFIFAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
3062465085 RAHMI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073805744 M. HIDAYATULLAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073244292 AHMAD MAHFUZ Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0038794657 AHMAD RASYADA FAHMA - - - -
0069675762 AYU RISKIA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061166340 TAUPIK RAMADHANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3067398726 MUHAMMAD SUBEHAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3065363363 AHMAD RUSYADI Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0075121487 ANNISA UL MAHMUDAH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079837206 MUHAMMAD RAIHAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0076294812 M. RIDHA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0063015402 MARDIAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077703648 NUR AINANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0075938994 MISNAWATI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3082740985 M. ILHAM Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0065393185 MUHAMMAD BAHID Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0066607466 ANISA FITRIANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0069166680 NOR AZIZAH Perlu Ruang Kreasi (CK 9) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0055887979 AKHMAD YADI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0076374400 M. FIKRIANNOR Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0073077800 MULIADI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0064368983 KHAIRATUNNISA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
3066426696 AHMAD RAMADANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0064436085 TAUFIK HIDAYAT Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0063687626 RENA MULIANA Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)