LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
134
Literasi Numerasi
102
Literasi Sains
109
Literasi Sosial Budaya
120
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131261120019
NPSN : 30112543
Nama Madrasah : MAS MAMBAUL ULUM
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 27
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi tunggal atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 500-700 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menjelaskan penerapan pengetahuan ilmiah bagi masyarakat; mendeskripsikan dan mengevaluasi cara yang digunakan ilmuwan untuk memastikan keajegan dan objektivitas data serta simpulan; dan mengevaluasi argumen ilmiah dan bukti dari sumber yang berbeda tentang pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu membimbing peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar yang merupakan upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3069608686 ARUM RASASTI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3079832963 UMU LATIFAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
3058889494 FARHAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
3080844188 PITRIYANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0067253887 MUBEYYINAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0064874409 YAYUK RATNAWATI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0051005901 MUHAMMAD IQBAL Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3053466259 ROHID Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3072685807 SELFIANA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0057201298 RUDI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6)
0064176537 MOH. EFAN PRATAMA HASA LUDDIN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3079117904 LULU ULVA MILANI Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
3060679752 NURUL AZYZAH Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
3069471518 LATIF Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0078386926 NAJWATUL HASANAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0054284879 FAIZUL Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
3076087572 FAWAID Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0062019614 MUHAMMAD RAWI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3076429389 FADILAH Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0054991084 UBAI PERMANA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0066624951 MARCELA SEXLANTI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061770457 NURUZ ZULFIA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0058415687 MAHMUD Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0065359105 DIMAS Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0079832576 YULIANA PUTRI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3062029087 DILA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
3061824327 KAVILATUZZEHROH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)