LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
139
Literasi Numerasi
102
Literasi Sains
113
Literasi Sosial Budaya
124
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131261040003
NPSN : 10816416
Nama Madrasah : MAS DARUSSALAM
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 29
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi tunggal atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 500-700 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menjelaskan penerapan pengetahuan ilmiah bagi masyarakat; mendeskripsikan dan mengevaluasi cara yang digunakan ilmuwan untuk memastikan keajegan dan objektivitas data serta simpulan; dan mengevaluasi argumen ilmiah dan bukti dari sumber yang berbeda tentang pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memfasilitasi peserta didik dalam upaya Peserta didik perlu pembiasaan diri mengamalkan karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0066981694 CUT MUTIA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0061639576 ALVIN SUKRON Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078903806 YUSUF SURYAWAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) - -
0066096770 YOFFY DIAN RAHMAWATI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0066915847 UMI RIZKI YANA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0073338765 ULFA NURHIDAYAH Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0062333785 SUGARTO LIATMAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0063606576 SRI PURYANTI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0065659602 SITI MARYAMMAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6)
0076036539 SITI NUR FAUZYYAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061935125 SITI MARFU'AH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0055331759 RUMIWI - - - -
0067622049 RIZKI WULANDARI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0068929211 NUR AULYA LUTFIAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0078176378 NISAUSSALMA FAISATOR ROHMAH - - - -
0078900974 LURI PEBRIYANTI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0074636883 LISA NURKHOLIFAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0062987967 LIA SEPTIA NUR CAHYA - - - -
0071618155 HANIFIA TSALISTATUL IHSANIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0065394056 ELIS NUR ALISA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0077591987 ANGGUN WIDYASARI Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0063141369 LINDA AYU SEKAR SARI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078505835 APRIYANTO PRATAMA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) - -
0066768712 MUHAMAD PRAYOGI Dasar (CK 6) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0077808706 HUSMIYATI Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0075033206 IKA DWI FEBRIANA Perlu Ruang Kreasi (CK 9) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0061624360 MUHAMMAD KHAZIQ Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0062738195 LUKMANUL HAKIM Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079368874 NUR CAHYA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)