LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
140
Literasi Numerasi
103
Literasi Sains
116
Literasi Sosial Budaya
126
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131253070001
NPSN : 50222671
Nama Madrasah : MAS AT-TAQWA
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 47
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Terampil

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 550-800 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menjelaskan penerapan pengetahuan ilmiah bagi masyarakat; mendeskripsikan dan mengevaluasi cara yang digunakan ilmuwan untuk memastikan keajegan dan objektivitas data serta simpulan; dan mengevaluasi argumen ilmiah dan bukti dari sumber yang berbeda tentang pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memfasilitasi peserta didik dalam upaya Peserta didik perlu pembiasaan diri mengamalkan karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0087125174 HASIM MUHAMAD DAUD Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3075781181 NURCHOLISA IDA DEO Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3077708813 AZIRAFARDIYAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
3077922223 MUHAMMAD REINALDI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0066897389 RIZKI ANANTO Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0073503962 SITI SALMA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078957373 NURMAWATY Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
3065570637 NUR KHALIFAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0079070842 NUR FAIZAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0079089638 USMAR Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0074312700 RAMA ARDIANSYAH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
3075703782 ALAKSA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073236217 ARISKA AMELIA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0074219735 WULAN FEBRIANTI Perlu Ruang Kreasi (CK 9) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0076917453 NONIE CHAMELIA PUTRI PASHAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0075875375 DIAN SAFIRA Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0069579521 RABIATUL ADAWIYAH M. NASIR Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Terampil (CK 8)
0073105225 LUTFIA ABDUL KARIM Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079331235 SITTI SHAFIRAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0076591344 NAYAH ANGGRAINISYAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0081695319 ANGGUN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0062350142 AZRIL AKBAR SUYUDIN Dasar (CK 6) Perlu Pendampingan (CK 5) Perlu Pendampingan (CK 5) Perlu Pendampingan (CK 5)
3076357594 ALIF F. FADHILAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0042085276 HARLAN FADILAH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0064310468 VAUZAN RAHMAD EFENDI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0074941574 DEA TRI HAPSARI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3074839196 RIDHO ALFAYED PRATAMA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
3030643703 MUHAMMAD JUMALDIN MUHILU Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0071748127 DIMAS APRIANSYAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3061220782 SAIFA ASTUTI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0053722808 FITRAH AL SEGRAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0054311739 ODE FIRMAN FAUZI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0066149117 MUHAMMAD IZAM ZULKARNAIM Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3053257635 SITI MAISARO Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0075322981 NAZILA SARO Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0079734879 NIA RAMADANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0064890790 RIANTI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0076234218 MUH. BINTANG PRATAMA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0055111592 MAS IWAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0068016222 YUNITA SEA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0052680710 FADLI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0065501459 AGIL Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0067449897 MOH SANDRI SAPUTRA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0034167061 SITI SARIAH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0061333358 AHMAD AWALUDIN PIRAH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0077549769 SARTIKA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077212210 JALA LUDIN MUHAMAD AKBAR Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)