LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
144
Literasi Numerasi
104
Literasi Sains
118
Literasi Sosial Budaya
128
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131235730011
NPSN : 20580088
Nama Madrasah : MAS KHM SAID
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 38
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Terampil

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 550-800 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menjelaskan penerapan pengetahuan ilmiah bagi masyarakat; mendeskripsikan dan mengevaluasi cara yang digunakan ilmuwan untuk memastikan keajegan dan objektivitas data serta simpulan; dan mengevaluasi argumen ilmiah dan bukti dari sumber yang berbeda tentang pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memfasilitasi peserta didik dalam upaya Peserta didik perlu pembiasaan diri mengamalkan karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0064487812 ACHMAD FAUZAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0074810230 FARIDA ALBANIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061691833 M. DHAVA IHSANUDIN NURULLOH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0057850204 EVA FATHATUL MAULIDIYA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
3069885294 KHUSNUL KHOTIMAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Terampil (CK 8)
0078325334 FAUZAN KHABIBI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0051847593 HASFINA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0069410171 SHERIL DUIS SAPUTRA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0071089573 ZENDI WAHYUNDARU RAMADHAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0074196114 NELA NIHAYATUL HUSNA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0075520018 DINA ESA AKMALIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0063556783 NILA FAUZIAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0066715180 NAVISATUL ISLAMIYAH Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0069167348 WILDAN AL FATAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0058262153 RINTAN AMALIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0072152852 WENDY MALIKA AGUSTIN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0067283513 REFALINA ELSA ARDINA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0058434548 FARHAN ABDILLAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0068506720 SITI NUR HALISAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0065052753 AULIA MAHARANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0072471044 SYAHROTUL KARIMAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Dasar (CK 6)
0067533211 AVITA NUR DIANA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0052644303 MUHAMAD LUTFI ZANUAR Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0052215338 ANDI SYAHRULLOH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0064333556 IBNU MAULANA SAPUTRA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0065436151 MUCH YOGA PRASETIYO Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0069462453 INDAH NURIYAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0057286951 ATIKA NUR WARDANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0072206485 DYAH AYU RAHMAWATI Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0066809068 NOVA WULAN RAMADANIA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0075016785 HAFIDHOTUN NABILA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077493546 SILVI DWI YANTI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0077945743 M. YUSUF MAULANA PUTRA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0062666068 LAILATUS SAFARIYAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0069558673 SHINTYA AMELIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0054492964 AFNAN HIDAYATULLOH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0053419422 LUTFI HIDAYATULLAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0068190438 ARIF FADILAH Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)