LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
143
Literasi Numerasi
103
Literasi Sains
121
Literasi Sosial Budaya
129
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131234020005
NPSN : 20363268
Nama Madrasah : MAS PONPES IBNUL QOYYIM PUTRA
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 40
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Terampil

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 550-800 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu membuat prediksi yang tepat terkait data dalam bentuk tabel, grafik, atau bagan; membedakan pertanyaan ilmiah, mengusulkan cara untuk mencari jawaban pertanyaan ilmiah; serta menganalisis, menafsirkan data, menarik simpulan dan mengidentifikasi asumsi, bukti, penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memfasilitasi peserta didik dalam upaya Peserta didik perlu pembiasaan diri mengamalkan karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0063413087 AHMAD DZALHADI ALMAALI Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0065656806 REZA KURNIYAWAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0072869270 MUHAMMAD DAFFA FAUZI LATIF Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077806445 ABDUR ROSHID Perlu Ruang Kreasi (CK 9) Perlu Pendampingan (CK 5) Terampil (CK 8) Terampil (CK 8)
0078082889 AMMAR GHOZI AL FARISI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Terampil (CK 8) Terampil (CK 8)
0068656754 MUHAMMAD FARDAN HABIBI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0076717475 FAIQ NAJAMUDDIN RASYID Perlu Ruang Kreasi (CK 9) Dasar (CK 6) Terampil (CK 8) Terampil (CK 8)
0076998724 MUHAMMAD LUCKY WIDIANSYAH Perlu Ruang Kreasi (CK 9) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0066433777 ALGHIFARI NUR AZIZ Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Dasar (CK 6)
3067976354 FAUZAN ILHAM HIDAYAT Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Terampil (CK 8) Terampil (CK 8)
0067972796 MUHAMMAD TSABIT AR ROSYID Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
0077232680 RAJWA UMAR AL HAYDAR Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0072237973 ASKAR ABDUL AZIZ Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Terampil (CK 8)
3073755499 DIYON SEKTIAWAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0073175546 ABDU ALI IMRON CHUDLORI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0063430172 FAUZI ILHAM HIDAYAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0073200129 DIAN SAPUTRO Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0064954910 ALFI SYAHRIN IKHLASIFIRLY Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0067826397 GALIH SURYO NUGROHO Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0064046601 MUHAMMAD ROSYID ARDIANSYAH Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0067244727 M.EVENDIO MULYA.P Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0069924855 RAIHAN AJU ABRAR Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0059229546 MOHAMAD ANWARUL HIKAM Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0067215681 HAFIZH IZZUDIN ALTHAF Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0066211103 AHMAD MUFID DJAJAPRAWIRA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0076892086 AHMAD MUNADI MIFTAHUL HAFSI AL HAIR Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0071616845 SULTAN HARRUN AR RASYID Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0071624163 IZZA IMAM AKBAR Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0077464298 HAFIZ KHANZA FAUZAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0064410812 MUHAMMAD FAISHAL HAMMAM Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0072171405 FARREL MAULANA PUTRA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079228490 MUHAMMAD ARSYIEL TOKAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0074231035 MUHAMMAD RIFQI AKHDANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0072850587 RADHITYA DHAVA SUSANTO Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0081487174 DENNIZ NAZRIL PRADITYA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0075020928 MUHAMMAD HAYTSAM SABIQ Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0071735102 NAUFAL HADI PRAYATA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0062996669 REYVA FIKRI ALGIFARI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0067337148 IHSAN FAJAR HANAFI Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0064677832 M. DANU WIJAYANTO Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)