LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
138
Literasi Numerasi
103
Literasi Sains
115
Literasi Sosial Budaya
125
CK 9
CK 8
CK 7
CK 6
CK 5
Skor: 80 s.d. 180
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 131218010001
NPSN : 10816240
Nama Madrasah : MAS DAARUL MA'ARIF
Jenjang : MA
Jumlah Siswa : 44
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, prosedur, dan metakognisi pada teks informasi tunggal atau unsur teks fiksi absurd dengan ciri kebahasaan: kata/istilah teknis, kalimat majemuk, konjungsi pertentangan dan sebab akibat, dan panjang bacaan 500-700 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan rasional, konsep perbandingan, volume bangun ruang sisi datar, dan ukuran pemusatan data tunggal.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menjelaskan penerapan pengetahuan ilmiah bagi masyarakat; mendeskripsikan dan mengevaluasi cara yang digunakan ilmuwan untuk memastikan keajegan dan objektivitas data serta simpulan; dan mengevaluasi argumen ilmiah dan bukti dari sumber yang berbeda tentang pengetahuan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menyimpulkan, memprediksi dan mengkritisi tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menilai, menentukan pendapat, dan merumuskan tiga problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, laporan, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi historis (cerpen, cerita inspiratif, dan rekon); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah dan dunia usaha untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Memperluas cakupan dan kompleksitas materi yang diajarkan. (2) menerapkan pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk berpikir secara kritis dan menggali keterampilan pemecahan masalah; (3) mengaplikasikan literasi numerasi dalam proyek-proyek penelitian yang memungkinkan peserta didik mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah yang lebih tinggi; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerjasama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah kompleks tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains dalam cakupan lokal dan global.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup tiga problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah aliyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memfasilitasi peserta didik dalam upaya Peserta didik perlu pembiasaan diri mengamalkan karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya menjaga hak asasi manusia dan nilai-nilai universal.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0063238311 NABILA REGINA CAHYANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077971628 KAYLA TIRADIKA AUDIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061019748 DIKA GIFARI RAHMADANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078937287 NINA AZIZA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061446210 AMARA BERLIN SEPTAMA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0063390141 SYNTIA NUR FADILAH Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3052479719 DEWI CIKA RATU Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0061546682 FAJAR FEBRIAN Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0089880927 FATHUR RAUSHAN AKMAL SITOMPUL Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0064455351 PUTRI HANDAYANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078464896 TENGKU FAQIH JAMALUDDIN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0072765511 M ARDHAN FIRMANSYAH Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0071384753 ADRIAN PUTRA PRATAMA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0074671003 ARKA RADHITYA ARAVEND Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0069091022 RIAN AJI SAPUTRA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0072329699 DARA AULIA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0077223211 FAREL NABIL AJIB Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0071471399 RAZEZ ZELFIN JAYA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0073711553 SIFA AULIA PUTRI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0073945282 ANGGA Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077828355 NOFIA Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0061992895 ANWAR ZAHID Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0073571865 QOYID JAMIL ALANWARI Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078169250 ANGGI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0079840225 SYAFIRA PUTRI PRATIWI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Dasar (CK 6)
0075987074 ZAHRA AULLIA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0061356366 RAMDAN PRAYOGA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0078160302 RIZKI FATURRAHMAN Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0075417025 DIAH AHZARANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0075118441 MUHAMMAD SURYA HANDOKO Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0077942561 HAPPY FREDDYAN RENITA SANDY Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0082502551 AMRIATUS SHOLEHA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7) Cakap (CK 7)
0075628682 KHOIRU SAMSU AHMAD YANI Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3060602456 AFIFATUN NABILA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0071245319 NAZWA DINA AZZAHRA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0071435061 BERLY AGMANSYAH BAHY Cakap (CK 7) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0061416210 ILMA AMILIA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0067366700 RITA RAHMADANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Terampil (CK 8)
0078238098 FAKHRI AKMAL TAQIY Terampil (CK 8) Perlu Pendampingan (CK 5) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0069109394 DIMAS ADI SAPUTRA Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
3076317252 NABILA PUTRI RANI Terampil (CK 8) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)
0079550460 HASAN A YAHYA Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0075919134 HAMZAHAN MAGANA IBA Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6)
0077223843 Nissa Amelia Cakap (CK 7) Dasar (CK 6) Dasar (CK 6) Cakap (CK 7)