LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
95
Literasi Numerasi
72
Literasi Sains
79
Literasi Sosial Budaya
82
CK 7
CK 6
CK 5
CK 4
CK 3
Skor: 40 s.d. 140
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 121281040004
NPSN : 60105545
Nama Madrasah : MTSS DARUL ARQOM PARBULU
Jenjang : MTS
Jumlah Siswa : 17
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, dan prosedur pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi realitas dengan ciri kebahasaan: kata berimbuhan, kalimat majemuk, konjungsi perbandingan, dan panjang bacaan 350-500 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: representasi bilangan rasional, persamaan linier satu variabel, keliling dan luas bangun datar, dan penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu mengingat dan menerapkan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi, menggunakan dan menggagas penyajian serta penjelasan ilmiah; mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan dalam sebuah studi ilmiah, membedakan pertanyaan ilmiah; dan mengubah data dari satu penyajian ke penyajian lainnya, menganalisis dan menafsirkan data, serta menarik simpulan tentang pengetahuan sains dan pengetahuan prosedural sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menghubungkan, memilih, dan mencari alternatif dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menelaah, membandingkan, dan mencari solusi dua prolematika materi komitemen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi realitas (cerita fantasi, cerpen, dan cerita inspiratif); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan yang lebih aplikatif untuk mengembangkan literasi numerasi; (2) menggunakan bahan ajar yang mendorong literasi numerasi di semua mata pelajaran, bukan hanya matematika; (3) menerapkan pembelajaran berbasis literasi numerasi yang memungkinkan peserta didik untuk mengaplikasikannya dalam situasi nyata yang lebih kompleks; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains yang berbasis kearifan lokal di lingkungan madrasah dan sekitarnya dalam cakupan lokal dan nasional.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup dua problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah tsanawiyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah melaksanakan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya melaksanakan kewajiban dan mendorongnya untuk menjadi ciri pribadinya.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3095034856 NURSITA IRIANI Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
3104837210 RAFIQ DWI RAMADHAN Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0095353379 ADRIAN Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
3102157614 MUHAMMAD SYAHRUL IRAWAN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
3102946956 SAFAATUL NURAINI Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
3105021247 MUHAMMAD FAHRIL AL-AZAM Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
3105397355 ANDRIANTO Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
3095385326 BILQIS MAQFIRANI KURNIAWAN Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
3104731564 AHMAD DHUHANI Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
3107711205 RISMA MEILA SARI Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
3101076428 JESIKA AMELIA PUTRI Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0101753134 DIKI HARSANDI Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0095670463 AULIA APRILIA SURYA Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0107797022 RENGGO SAPUTRA Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
0099831623 IRWANTO Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0109760309 DUWI SETIAWAN Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0099653426 DYRGA RESALDY DJAUDA Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)