LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
97
Literasi Numerasi
72
Literasi Sains
78
Literasi Sosial Budaya
80
CK 7
CK 6
CK 5
CK 4
CK 3
Skor: 40 s.d. 140
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 121181020002
NPSN : 60105630
Nama Madrasah : MTSN 2 MALUKU TENGGARA
Jenjang : MTS
Jumlah Siswa : 38
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta, konsep, dan prosedur pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi realitas dengan ciri kebahasaan: kata berimbuhan, kalimat majemuk, konjungsi perbandingan, dan panjang bacaan 350-500 kata.


Literasi Numerasi Dasar

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: representasi bilangan rasional, persamaan linier satu variabel, keliling dan luas bangun datar, dan penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran.


Literasi Sains Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu mengingat dan menerapkan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi, menggunakan dan menggagas penyajian serta penjelasan ilmiah; mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan dalam sebuah studi ilmiah, membedakan pertanyaan ilmiah; dan mengubah data dari satu penyajian ke penyajian lainnya, menganalisis dan menafsirkan data, serta menarik simpulan tentang pengetahuan sains dan pengetahuan prosedural sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu menghubungkan, memilih, dan mencari alternatif dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global; perlu pengembangan kemampuan menelaah, membandingkan, dan mencari solusi dua prolematika materi komitemen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi, eksplanasi, dan eksposisi) atau teks fiksi realitas (cerita fantasi, cerpen, dan cerita inspiratif); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan MGMP; (6) Melakukan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melakukan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan yang lebih aplikatif untuk mengembangkan literasi numerasi; (2) menggunakan bahan ajar yang mendorong literasi numerasi di semua mata pelajaran, bukan hanya matematika; (3) menerapkan pembelajaran berbasis literasi numerasi yang memungkinkan peserta didik untuk mengaplikasikannya dalam situasi nyata yang lebih kompleks; (4) memfasilitasi guru untuk mendapatkan pelatihan tentang pembelajaran berbasis literasi numerasi; (5) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan literasi numerasi peserta didik.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains yang berbasis kearifan lokal di lingkungan madrasah dan sekitarnya dalam cakupan lokal dan nasional.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup dua problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah tsanawiyah melalui kegiatan MGMP dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah melaksanakan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar sebagai upaya melaksanakan kewajiban dan mendorongnya untuk menjadi ciri pribadinya.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3102828831 MAULANA FATAHILLAH YEUBUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
3109641383 RISKY AZHAR PATTIKALOBA Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
3111124735 AYATUL HUSNA RENWARIN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
3137309222 JUAWANDA RAHMAN NGABALIN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0106642831 ALIFA SYAHIRA RUMAF Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0099451860 ANWAR SADAT RENFAAN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0099101681 CHOLZA RAHAKBAUW Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0106035074 EGA SOFYAN THAROB Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
0095942870 FAUZIA NGABALIN Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0097315769 HARUN REZA THAROB Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0083136291 IKA RAHMADANI RUMAF Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0089200204 NOHO MATDOAN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
3101269868 PUTRI SIFA RUMAF Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0095686927 ANAS ALGAWI RUMAF Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0093010106 IDHAM KHALIK AHMAD Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0108160054 MIRDANI RUMAF Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0099957447 MOHAMAD FARDAN TUKUWAIN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0091317087 VONI WATI RUMAF Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0104002580 INDRI YANI LANGGIAR Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
3100895044 ASNI MILA MADUBUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Perlu Pendampingan (CK 3)
3100584425 ARFAN ALI MAHMUD LET-LET Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
3109632966 FATIA RABRUSUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
3105908976 IRA WATI OHOIWUTUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
0106258158 AMIRA RAHAKBAUW Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
0108121260 HAFIZA UMI MUSPA RAHANGIAR Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0095350406 RAHMAWATI SEKNUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0101292348 NADIFA PUTRI DIFINUBUN Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0109986154 RIFAN JOHAN RUMAF Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0104600549 RIFAI SELAYAR Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0103007479 IKROM RUMAF Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0108556328 ANISA FATMAWATI MATDOAN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0099900496 MOH FAHRI SANGAJI Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
3098289027 MUHAMMAD FAHRIL DIFINUBUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Dasar (CK 4)
0106039917 SITI JULAIHA RELIUBUN Terampil (CK 6) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0097386630 AMIRULA TARABUBUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)
0107753762 FATIR SALEH MATDOAN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5)
0096013409 SRI WAHYUYUN DIFINUBUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Cakap (CK 5) Cakap (CK 5)
0106032775 ZULFADIL DIFINUBUN Cakap (CK 5) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4) Dasar (CK 4)