LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
47
Literasi Numerasi
60
Literasi Sains
55
Literasi Sosial Budaya
50
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111251010014
NPSN : 69853583
Nama Madrasah : MIS AS SHIDDIQIYYAH DAUHWARU
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 22
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi jamak atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 200-300 kata.


Literasi Numerasi Terampil

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: representasi bilangan rasional, persamaan linier satu variabel, keliling dan luas bangun datar, dan penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3120711714 WACHDATU MUFARRICHA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3122743613 SYIFA HILYATUNNISA' Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0133289539 MUHAMMAD FATAN AL FAROBI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
3125918834 PRIMADA ARUM PRAMUDYA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123159787 RAHMA NASILA PUTRI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3125071461 BELLA AULIANA BALQIS Dasar (CK 2) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3122275416 RAHMAT WILDAN RAMADHAN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123291457 TSANIA AZZAHRO Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3131541168 RENDY ZIDNY RAMADHAN Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3138422864 RIZQIAH SYAPURTRI Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3127788908 AZURA AZZAHRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
3126031515 ANNISA VIECA SEPTIASYAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3135366099 MUHAMMAD RAFARDHAN ATHALLAH Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3118101404 M. AQIL FIRMANSYAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3115044030 M. ADRIAN MAULANA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0125333206 M. NUH DAFA' SUWAILIM ASNA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
0113742211 MUHAMMAD FATHIR ALFATH Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0114734692 AHMAD MIZAM NUL HAQ Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3111761984 MAYSYA SILVI DWI LESTARI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3126066251 JUNDAH AINURRAHMAH Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3127994378 AHMAD ZIDNI ACHYAR Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3124592741 ANNISA AMINATI RAHMAT Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)