LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
45
Literasi Numerasi
56
Literasi Sains
50
Literasi Sosial Budaya
46
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111235090336
NPSN : 60715804
Nama Madrasah : MIS RAUDLATUL ULUM
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 20
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi jamak atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 200-300 kata.


Literasi Numerasi Cakap

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan cacah sampai dengan 1.000.000, pecahan senilai dan berbagai bentuk pecahan, faktor dan kelipatan bilangan, persamaan sederhana, keliling dan luas bangun datar (persegi panjang dan persegi), dan penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3134693670 AHMAD DANI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3120739537 AHMAD ZAIDAN RIZKI ZIDNAFAN SUGIANTO Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3125282943 AZ-ZAHRA ZILA RAHMA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3130781566 ISYATUR RADIYAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3135680527 FAHMI ROMADON AL MUBAROK Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3115812975 ACHMAD FAIZAL Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3128224888 ALFIATUL KARIMAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3131239211 MUHAMMAD ALFAN HIDAYATULLAH Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3120564409 NUR AINI Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3135632539 SULISNAWATI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3124212300 MOH. KHOIRUL ANAM Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3133116908 FATIMATUS SYEHRO Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3124350570 ACHMAD ZAENAL ABIDIN Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3136327264 ANISATUL MAHDIYAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3121904481 YUDA FIRMASYAH PUTRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3135169744 MAULANA MALIK IBRAHIM Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3135374999 IFROHATUL QUR'ANIYAH Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3131004065 ZYIDAN KHAIRIL IDHAM Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3132145302 IMROATUS SHOLEHA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3133095105 UBAIDILLAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)