LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
54
Literasi Numerasi
60
Literasi Sains
58
Literasi Sosial Budaya
56
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111233730004
NPSN : 60713837
Nama Madrasah : MIS MA'ARIF KUTOWINANGUN
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 24
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi jamak atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 200-300 kata.


Literasi Numerasi Terampil

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: representasi bilangan rasional, persamaan linier satu variabel, keliling dan luas bangun datar, dan penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0138440980 IDDO MAHESWARA PRAHASANA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0121257823 REVEN NEHAN RIZWANA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3139714621 AHMAD AHSAN KANZUNNAJAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3124994858 TSANIA SALSABILA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0135763202 MUHAMMAD AMRAN RAYHAN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)
0125363305 MUHAMMAD WAFA AZZIDA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0126076310 HELMI FAIZAL ZAINI Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
0123153907 MUHAMMAD TSANI HILMI MUBAROK Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3139561817 AHMAD MUHAJIR AL FAANI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3129381470 NAUFAL SHIDQI ABDILLAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0123533409 MUHAMMAD ALI AKBAR Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
0126747960 ATHA HULUL HARVANI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0129758118 HANIF HAYA ALFAFA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3135097590 MUHAMMAD FADLY SABHARA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123638389 NAILA JIHAN RAHMANI Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)
0126361285 MUHAMMAD ILHAM NUR AS SIDIQ Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
0121102330 MAHDAVIQIA PRIANATA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0129635089 LABIBA SHOLIKHATI NAFISA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0125051580 ZAINUDIN AKHMAD Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)
0126980983 NASYAFA ALMAQYRA RAMADHANI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0131349854 AULIA NUR MEIRA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0129202498 MUHAMMAD RIFKY RAMADHAN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0124968109 UMI HANIK Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3127067672 MUHAMMAD ANAS ULWANUL UJAB Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)