LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
47
Literasi Numerasi
58
Literasi Sains
55
Literasi Sosial Budaya
55
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111233040065
NPSN : 60710680
Nama Madrasah : MIS MUHAMMADIYAH BANJARMANGU
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 32
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi jamak atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 200-300 kata.


Literasi Numerasi Cakap

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan cacah sampai dengan 1.000.000, pecahan senilai dan berbagai bentuk pecahan, faktor dan kelipatan bilangan, persamaan sederhana, keliling dan luas bangun datar (persegi panjang dan persegi), dan penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3129528050 SATRIA WIBISANA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3120456426 ERNING KAYLA NABILAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3140504511 KHANZA ZUWINA JASMIN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123069640 IBNUL MUBAROK RAMADHAN AL FAWAIDH Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3133982998 NAFISA UDIRA VELDA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123372591 RAHESYA AKMAL HAKIM Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0135084221 ADZRA AUFUL KAYLA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
3134337579 NAFA MEISA AZAIDA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3120410140 TAMA HIBBAN AL ASYAM RENYAAN Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3137612532 ZHAFRAN FARAS AL KHAIRY Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0123273985 MUHAMMAD ULIL FAHRI HAMDANI Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)
3129063159 ZAENATAN MAULAN IBRAHIM Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3122125526 KHAIRUNNISA FITRIYANI FAIHA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3138170225 PUSPA DWI ANDHITA ASMARA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3124088815 GHISYAWA ZULFAZIA ARBI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3138441070 CARISSA BELLA SAKHIA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)
3136274269 MUHAMMAD FEBRIANSYAH Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3128887846 WAHYU KHUMAYROH RAMADHANI Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2) Dasar (CK 2)
3130098223 RENATA ARDI ROZIQIN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3122334359 CAVALI CALIE FATHIYYATURAHMA Dasar (CK 2) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3127453437 ARRAFA DAWIL IRFAN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3126760200 QAIS RAFKADANI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123449593 DZIKRA NUR APRILIANI Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Perlu Ruang Kreasi (CK 5)
3124904059 FARIZA MAYDA ZHAFIRAH Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3131244176 BRYNA HAYUDHANA KARISMA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3120566059 KAYSAN AZAM ATSSAQIF Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3139472171 AFKA TANTORO PUTRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3121452679 ANNISA NAWAFILA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3121028514 MAULIDA NAAFIKHA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3125610057 LISA NURDIANSYAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3129905211 AULIA NURCAHYA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0127195518 DIANDRA AURORA KHAIRUNNISA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)