LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
56
Literasi Numerasi
59
Literasi Sains
61
Literasi Sosial Budaya
60
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111211020018
NPSN : 70026391
Nama Madrasah : MI TERPADU DAARUL GHAZALI
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 18
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi jamak atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 200-300 kata.


Literasi Numerasi Cakap

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan cacah sampai dengan 1.000.000, pecahan senilai dan berbagai bentuk pecahan, faktor dan kelipatan bilangan, persamaan sederhana, keliling dan luas bangun datar (persegi panjang dan persegi), dan penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Literasi Sains Terampil

Sebagian besar peserta didik sudah mampu mengingat dan menerapkan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi, menggunakan dan menggagas penyajian serta penjelasan ilmiah; mengidentifikasi pertanyaan yang diajukan dalam sebuah studi ilmiah, membedakan pertanyaan ilmiah; dan mengubah data dari satu penyajian ke penyajian lainnya, menganalisis dan menafsirkan data, serta menarik simpulan tentang pengetahuan sains dan pengetahuan prosedural sains.


Literasi Sosial Budaya Terampil

Sebagian besar peserta didik telah mampu menganalisis, mendeteksi, dan mengaitkan dua problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menghubungkan, memilih dan mencari alternatif dua problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, global.

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3138185310 JAHIRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3138591456 RIFKY HUSAINI Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3136797555 SYAHIRA MAULIDA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3138248140 DHIFAN AZMI Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
3135588285 SALFIRA ANGGRAINI Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3121424140 FATIMAH AZ ZAHRA Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3130972646 RATU FURDANY Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0126952338 DELI SARTIKA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
3126251441 M. RIDHO RAHMAN Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3135814139 MAHFIRAH Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3131033796 PARIDA PUTRI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
0133873509 SALWA SASKIYYA Dasar (CK 2) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)
3154159827 MIRZA GUNAWAN Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3135570826 FIKRI HAIKAL Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3133911493 TAUFID HIDAYAT TULLAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123358223 MUHAMMAD SYAH PUTRA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Perlu Ruang Kreasi (CK 5)
3120550574 GEDE PRATAMA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3123295715 ADELIA MAHARANI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)