LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
39
Literasi Numerasi
56
Literasi Sains
48
Literasi Sosial Budaya
43
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111211020001
NPSN : 60702994
Nama Madrasah : MIS KUTA CINGKAM
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 20
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 150-250 kata.


Literasi Numerasi Cakap

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan cacah sampai dengan 1.000.000, pecahan senilai dan berbagai bentuk pecahan, faktor dan kelipatan bilangan, persamaan sederhana, keliling dan luas bangun datar (persegi panjang dan persegi), dan penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3135065162 SUCI NIKAYLA SHAFIRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0088557591 SAKILA ADZANI Dasar (CK 2) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3139020584 RAUDATUS SAKINAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3147809171 ZAIM MUTOHAR Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0135592218 APRIDA ULPA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Perlu Pendampingan (CK 1)
3131359259 MUHAMMAD FADHIL ANUAR Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3134679647 M DAHLAN AZHARI Dasar (CK 2) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3130664898 MULIA Perlu Pendampingan (CK 1) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2) Dasar (CK 2)
3139424863 MUHAMMAD ANZAYA FRAYOGA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3139073779 ERISKI SYAH PUTRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3131593230 AMALIA HUSNA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3133401232 JAFAR SIDIK Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
0131299601 KAYLA YADA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0136280113 JUADA HAFIST Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3136481466 AFRA NAILA ARKANA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
0089173089 MUHAMMAD ARDI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0135811646 AKILA MAYA SARI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3139383433 SALSA BILA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3135488937 AMMAR SYAUQY Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0137359286 MUHAMMAD AZKA RESKY Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)