LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
50
Literasi Numerasi
59
Literasi Sains
57
Literasi Sosial Budaya
55
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111134030008
NPSN : 60714084
Nama Madrasah : MIN 2 GUNUNGKIDUL
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 23
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi jamak atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 200-300 kata.


Literasi Numerasi Cakap

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan cacah sampai dengan 1.000.000, pecahan senilai dan berbagai bentuk pecahan, faktor dan kelipatan bilangan, persamaan sederhana, keliling dan luas bangun datar (persegi panjang dan persegi), dan penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
0123330583 DUTA AJI NUGRAHA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3123484130 RAYYANA HANIFI Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0127569741 DODIK AFRIZAL Perlu Pendampingan (CK 1) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3124545794 MUTIARA CAHYA BENING Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3)
0135369219 QITHIFAH JANNATIL FIRDAUS Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0126378633 HAFIDH RAMADHAN Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0126045929 SYAHIDAN RAHMATULLAH Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0123686096 RIVA ZAHWA AQILA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3128740769 AHMAD NAJAMUDDIN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0124197063 AFFIA NAINUNNISA Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0126580762 DESTA AGUNG YUONO Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0128270448 REZA SAPUTRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0122525380 MUHAMAD IMAM NURQOSIM Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0124232847 AHSAN KUSUMA ADMADJA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3124055983 HILDHA KHARISMA NINGRUM Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3129859738 BILQIS KHOIRUNNISA AZZAHRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0131187452 SAMBA JAMIAT MAULANA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3120312318 HASNA JULIA PUTRI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0121052242 DITO ADI NUGRAHA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
0121257504 AGUERO JALU PURNOMO Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0128596372 EVANO BINTANG PRATAMA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3122878263 AFIQAH NAYRA OLIVIA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4)
0127419181 IRFAN DWI SAPUTRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)