LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
38
Literasi Numerasi
55
Literasi Sains
50
Literasi Sosial Budaya
46
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111111110008
NPSN : 60703339
Nama Madrasah : MIN 45 BIREUEN
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 19
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 150-250 kata.


Literasi Numerasi Cakap

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan cacah sampai dengan 1.000.000, pecahan senilai dan berbagai bentuk pecahan, faktor dan kelipatan bilangan, persamaan sederhana, keliling dan luas bangun datar (persegi panjang dan persegi), dan penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3133632923 MUHAMMAD RAIHAN Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3136213022 ZUHAIRAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3126382482 JIHAN IZZATI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3139295285 TAMARA TASYA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3133906049 ABDUL MUGTI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3137779440 AQILA RAHMAH Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Terampil (CK 4)
3137363897 MUHAMMAD HAFIZ Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3132870259 MUHAMMAD KHAIRUZ ZAKI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3134541598 MUAMMAR Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0127047763 MUHAMMAD FAIL Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3120377956 MUHAMMAD ARSYAD Perlu Pendampingan (CK 1) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2) Dasar (CK 2)
3132374595 DINDA MASYITAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
0136034239 RIKA YULIANI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3130206734 CHAIRUNNISAH Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3138335072 ZULFIATNI Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3130966128 ZAKIATUN NUFUS Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
0139280052 MAUZATUL HIKMAH Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3129070359 ALFIA SYAHIRA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3126710671 ARJA FAIZI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)