LAPORAN HASIL ASESMEN KOMPETENSI SISWA
ASESMEN KOMPETENSI MADRASAH INDONESIA (AKMI)
KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA


Literasi Membaca
38
Literasi Numerasi
56
Literasi Sains
46
Literasi Sosial Budaya
40
CK 5
CK 4
CK 3
CK 2
CK 1
Skor: 0 s.d. 100
CK = Capaian Kompetensi
Keterangan:

PROFIL MADRASAH


NSM : 111111070049
NPSN : 60703193
Nama Madrasah : MIN 34 PIDIE
Jenjang : MI
Jumlah Siswa : 25
Tahun Asesmen : 2023

CAPAIAN MADRASAH


Literasi Membaca Dasar

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menemukan, mengakses, menginterpretasikan, mengintegrasikan, mengevaluasi, dan merefleksikan fakta sederhana dan konkret pada teks informasi dilengkapi tabel/grafik/bagan/diagram atau unsur teks fiksi fantasi dengan ciri kebahasaan: kata dasar, kalimat tunggal, konjungsi penambahan, dan panjang bacaan 150-250 kata.


Literasi Numerasi Cakap

Sebagian besar peserta didik mampu menyajikan objek matematika, memilih dan menerapkan strategi yang sesuai untuk menyelesaikan suatu permasalahan, menalar dan memberi alasan; mencakup materi: operasi hitung bilangan cacah sampai dengan 1.000.000, pecahan senilai dan berbagai bentuk pecahan, faktor dan kelipatan bilangan, persamaan sederhana, keliling dan luas bangun datar (persegi panjang dan persegi), dan penyajian data dalam bentuk diagram batang.


Literasi Sains Cakap

Sebagian besar peserta didik sudah mampu menggagas hipotesis untuk menjelaskan variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam percobaan sains, mengevaluasi cara untuk menggali pertanyaan ilmiah, mengidentifikasi asumsi, bukti dan penalaran dalam teks yang berhubungan dengan sains tentang pengetahuan prosedural dan pemikiran sains.


Literasi Sosial Budaya Cakap

Sebagian besar peserta didik telah mampu memberi contoh dan menerapkan satu problematika yang berhubungan dengan literasi sosial budaya meliputi materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global; perlu pengembangan kemampuan menganalisis, mendeteksi dan mengaitkan dua problematika; materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif dalam konteks lokal, nasional, serta global

REKOMENDASI MADRASAH


  • (1) Melakukan perbaikan proses pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan literasi; (2) Mendorong penyediaan beragam teks informasi (deskripsi dan eksposisi) atau teks fiksi fantasi (cerita anak dan fabel); (3) Mendorong studi lanjut bagi guru untuk mengembangkan kompetensi profesional; (4) Mengupayakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru; (5) Melakukan optimalisasi keterlibatan guru dalam kegiatan KKG; (6) Melaksanakan optimalisasi kerja sama dengan instansi pemerintah untuk pengembangan kompetensi profesional guru; (7) Melaksanakan optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler dan kokurikuler untuk pengembangan literasi (kompetisi/festival)
  • (1) Menerapkan pendekatan pembelajaran menyenangkan dan kreatif menggunakan cerita, gambar, dan permainan; (2) mengintegrasikan literasi numerasi sebagai alat dalam kehidupan sehari-hari sehingga peserta didik mampu melihat relevansi dan pentingnya; (3) fasilitasi guru dalam peningkatan pembelajaran berbasis literasi numerasi; (4) meningkatkan kerja sama dengan orang tua dan lingkungan sekitar untuk menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis literasi numerasi.
  • Memfasilitasi kegiatan penyelidikan ilmiah sangat sederhana tentang permasalahan sains terkait pengetahuan sains, pengetahuan prosedural sains, dan pemikiran sains di lingkup madrasah.
  • Meningkatkan kemampuan literasi sosial budaya peserta didik mencakup satu problematika materi komitmen kebangsaan, toleransi, dan akomodatif inklusif pada konteks lokal, nasional, serta global dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan asesmen pembelajaran di madrasah ibtidaiyah melalui kegiatan KKG dan KKM
  • Madrasah perlu memberi apresiasi peserta didik yang telah mewujudkan nilai-nilai karakter keberagamaan, nasionalisme, integritas dan jiwa pembelajar dan mendorong peserta didik untuk Peserta didik perlu pembiasaan perilaku tersebut.

CAPAIAN PER SISWA

NISN Nama Literasi Membaca Literasi Numerasi Literasi Sains Literasi Sosial Budaya
3122804221 ZAKIRATUL AMIRA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3129491042 SYAZA ZAHRANIA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3122774858 SUHIL SYAUQANI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
0122799921 NUR HAFNI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3136216763 NAZILLATUL QIRAN Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3127138442 NAZIRA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3131622930 AULATUL MAHIRA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3133808617 SYIBRAN MALASYI Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3130939535 QUSYAIRI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3132746513 NISWATUN NABILA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3128608905 MUHAMMAD RAISAL Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Dasar (CK 2) Dasar (CK 2)
3120701488 ZAHARA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Perlu Pendampingan (CK 1)
3133505727 MUHAMMAD SULTAN Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3139686060 ZAHRINA ZAHIRA Dasar (CK 2) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3136152132 ZAHRA AYYA ANZILA Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3124615967 HUSNADIA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3133143047 SAIDUL MUBARAK Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3130340048 MUHAMMAD RAJUL Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3133719293 ZUHRA ALFIA NABILA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2) Dasar (CK 2)
3134861005 KEYSHA SHAKIRA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2) Perlu Pendampingan (CK 1)
3137525340 FARAH FAZILLA Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2) Dasar (CK 2)
3122749556 MUDDATSIR Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)
3139868188 QAILATUL ZAHRA Cakap (CK 3) Terampil (CK 4) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3)
3125649934 AFKAR RAFI Dasar (CK 2) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2) Dasar (CK 2)
3132896236 MUHAMMAD AKHYAR Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Cakap (CK 3) Dasar (CK 2)